Kotawaringin Barat, 27 September 2024 — MGMP Matematika Kobar Jaya mengadakan kegiatan berbagi praktik baik pembelajaran sosial emosional dalam pembelajaran matematika melalui Zoom Meeting yang berlangsung pada Jumat, 27 September 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru matematika dari berbagai sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat.
Kegiatan yang dipandu oleh Batul Fatin Hendriani, S.Pd, guru matematika SMAN 1 Arut Utara, bertujuan untuk membekali guru dan siswa dengan keterampilan sosial emosional yang esensial dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memahami, mengelola, dan menghayati emosi diri (kesadaran diri), menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri), serta merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial).
Materi yang Dibahas
Kegiatan ini mencakup beberapa topik penting, seperti:
- Definisi Pembelajaran dan Emosional
- Kompetensi Sosial dan Emosional
- Kaitan Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan Standar Nasional Pendidikan
- Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas
Manfaat Kegiatan
Pembelajaran sosial emosional diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi guru dan siswa dalam mengelola emosi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan mengelola emosi dengan baik, diharapkan dapat tercipta suasana belajar yang lebih kondusif, di mana guru dan siswa lebih siap menghadapi tantangan dalam pembelajaran matematika.
Dampak Jangka Panjang
Kegiatan ini memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi guru matematika di Kabupaten Kotawaringin Barat untuk menerapkan pembelajaran sosial emosional di kelas. Sebagai hasilnya, baik guru maupun siswa dapat lebih mudah mengelola emosi mereka, menciptakan interaksi yang lebih positif dan efektif dalam kegiatan pembelajaran.
Penutupan
MGMP Matematika Kobar Jaya berharap praktik baik yang dibagikan dalam kegiatan ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan pembelajaran sosial emosional, serta memperkuat kualitas pembelajaran matematika di Kotawaringin Barat. Mari bersama-sama mengelola sosial dan emosional untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik.